Destinasi Wisata Alam Di Jakarta Yang Anda Kunjungi

Destinasi Wisata Alam Di Jakarta Yang Anda Kunjungi

Fkossmpkotajakarta.web.id – Kota Jakarta merupakan ibukota dari Indonesia dan selama ini dikenal sebagai kota metropolitan. Bagaikan hutan beton, Jakarta dipenuhi dengan berbagai bangunan tinggi gedung-gedung perkantoran, hotel, dan apartemen. Penduduk Jakarta pun sangat padat, dan banyaknya kendaraan juga membuat kemacetan di Jakarta sangat parah. Kedengarannya Jakarta merupakan kota yang ruwet dan sangat tidak menyenangkan banget ya? Tapi siapa sangka, ternyata Jakarta masih memiliki tempat wisata alam yang asri dan adem. Penasaran kan? Kebetulan pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa destinasi wisata alam di Jakarta yang harus anda kunjungi :

1. Kawasan Ekowisata Mangrove PIK
Kawasan ini terletak di Jakarta Utara, tepatnya di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di tempat seluas 99 hektar ini, kamu bisa melihat asrinya hutan mangrove. Udaranya sangat sejuk dan suasananya pun begitu tenang, rasanya seolah tidak sedang berada di Jakarta deh.

Di tempat ini kamu bisa menyusuri kawasan mangrove dengan kano, perahu motor, maupun kapal tradisional.

2. Taman Hutan Kota Tebet
Tempat ini juga dikenal sebagai Taman Honda karena pembangunan taman ini merupakan kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan PT. Honda Prospect Motor. Kawasan ini terletak di antara jalan Tebet Barat Raya dan jalan Tebet Timur Raya Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan.

Taman seluas 1.800 meter persegi ini diresmikan pada tahun 2010. Pada awalnya taman ini dibangun pada tahun 1960. Namun sempat terbengkalai tahun 1970 hingga tahun 2006 sehingga dijadikan kawasan pemukiman liar. Sekarang taman ini bisa dikunjungi oleh semua warga Jakarta dan sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti arena bermain untuk anak dan tempat berolahraga.

3. Taman Spathodea
Taman ini adalah taman wisata yang dibuka untuk umum dan terletak di Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Biasanya ramai dikunjungi oleh warga Jakarta di sore hari ataupun pada hari Sabtu dan Minggu.

Di taman ini banyak ditanami berbagai jenis pohon dan bunga-bunga cantik, sehingga adem dan nyaman. Di tengah-tengah taman ada danau buatan kecil yang sering dijadikan spot foto. Taman ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum untuk menambah kenyamanan para pengunjung.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Dijakarta Terfavorit

4. Setu Babakan
Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tempat ini merupakan pusat perkampungan Budaya Betawi. Didirikan pada pada tanggal 18 Agustus 2000, Setu Babakan merupakan danau buatan di kawasan seluas 30 hektar dengan kedalaman 1-5 meter yang airnya berasal dari Sungai Ciliwung.

Taman di sekitar Setu Babakan banyak ditanami berbagai macam pohon buah-buahan. Di tempat ini juga bisa ditemukan banyak kuliner khas Betawi seperti Kerak Telor, Rujak Bebek, Soto Betawi, Bir Pletok, Nasi Uduk, dan lain sebagainya.

Selain sebagai tempat rekreasi, Setu Babakan juga digunakan sebagai tempat penampung resapan air di Jakarta Selatan.

5. Kepulauan Seribu
Kalau keempat destinasi wisata di atas berlokasi di tengah-tengah Jakarta, destinasi wisata yang satu ini agak sedikit jauh dari Jakarta.

Terletak di sebelah utara Jakarta, Kepulauan Seribu sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh warga Jakarta. Di tempat ini para wisatawan bisa bermain-main di pantai, melakukan snorkeling, hingga menjelajahi benteng tua peninggalan Belanda di Pulau Onrust.

Related posts