Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

fkossmpkotajakarta.web.id – Monumen Nasional (Monas), Tempat wisata di Jakarta yang pertama adalah Monas. Monas merupakan ikan dari Ibukota, bahkan dari Indonesia itu sendiri. Monas menjadi salah satu simbol kemerdekaan Indonesia ini memiliki tinggi sekitar 32 meter (433 kaki).

Tugu Monas didirikan secara khusus untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini bermahkotakan lidah api yang dilapisi lembaran emas.

Baca juga : Kota Jakarta

Selain sebagai monumen untuk memperingati perjuangan melawan penajajahan, Moans kita menjadi salah satu tempat liburan di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatanawan, apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan datang, Monas selalu dipadati oleh pengunjung. Monas dibuka untuk umum setiap hari sejak jam 8 pagi hingga 3 sore, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Monas juga dilengkapi dengan Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter dibagian dasar. Museum ini cukup besar, dengan ukuran 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung hingga 500 orang. Terdapat lift yang akan membawa Anda ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda dapat menyaksikan panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift menampung paling banyak 11 orang sekali angkut dan pelataran puncak Monas maksimal dapat menampung hingga 50 orang. Untuk dapat masuk, wisatawan yang datang harus membayar tiket dengan harga Rp 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa Rp 3 ribu, dan anak-anak Rp 2 ribu. Untuk menggunakan lift ke puncak Monas, Anda dapat membayar tiket lift sebesar Rp 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu.

Monumen Nasional atau yang dikenal sebagai Monas, merupakan salah satu ikon di Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter tersebut awalnya dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Monas selesai dan diresmikan pada tanggal 16 Juli 1975 dan masih kokoh hingga saat ini.

Tiket masuk Monas bisa dibeli dengan harga Rp 30.000. Dengan tiket tersebut kalian bisa mengunjungi museum di dalamnya atau melihat Jakarta dari atas Monas.

Related posts