Sejarah jalan Senayan

Sejarah jalan Senayan

Fkossmpkotajakarta.web.id – Merayakan ulang tahunnya yang ke-492 hari ini. Hampir setengah abad, Jakarta kini menjelma menjadi kota impian. Orang-orang keluar kota pergi ke Jakarta untuk mencoba peruntungan mereka. Salah satu alasannya adalah untuk memfasilitasi akses yang dapat diperoleh di ibu kota Indonesia ini.

Di balik ingar bingar dan gemerlapnya, Jakarta memiliki beragam cerita dan kisah masa lalu. Terdiri dari lima Kota Administrasi, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu terdapat sejarah yang terkait masa penjajahan. Setiap kota Administrasi Jakarta, ada beberapa wilayah yang cukup terkenal dan tidak asing lagi. Nama-nama wilayah di Ibu Kota itu bahkan dikenal hingga dunia. Sebut saja salah satunya Menteng, Jakarta Pusat. Dikenal sebagai salah satu kawasan elite, rupanya pernah menjadi tempat tinggal mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Selain itu ada Senayan. Di wilayah ini terkenal berdirinya gelanggang olah raga yang acap kali dipakai untuk ajang adu tenaga internasional. Senayan, menjadi salah satu daerah terkenal di ibu kota Jakarta. Ini disebabkan berdirinya stadion olahraga yang sekarang bernama Gelora Bung Karno atau GBK. GBK di Senayan dibangun pada awal 1960-an dengan bantuan Uni Soviet selama era Perdana Menteri Nikita Sergeiwitsj Khrushchev. Tak hanya itu, Senayan juga dikenal karena berdirinya Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR)/Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Lantas, darimanakah asal nama Senayan? Zaenuddin HM menjelaskan dalam buku karyanya berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Baca juga : Asal Jalan Matraman

Nama Senayan berasal dari keadaan wilayahnya pada masa lampau. Pada peta yang diterbitkan Topographische Bureau Batavia pada 1902, kawasan Senayan masih ditulis Wangsanajan atau Wangsanayan. Kata Wangsanayan berarti tanah tempat tinggal atau tanah milik seseorang yang bernama Wangsanayan. Sebutan Wangsanayan lambat laun berubah. Hal itu dikarenakan masyarakat lebih mudah mengucapkannya dengan kata Senayan. Wangsanayan kemudian diyakini sebagai seseorang yang berasal dari Bali, berpangkat Letnan, lahir sekitar 1680, dan kemudian tinggal di Batavia.

Jadi, asal muasal nama Senayan sebetulnya dari nama orang tersebut hingga kini menjadi salah satu kawasan yang sangat terkenal di Indonesia. Namun, belum ditemukan keterangan lebih lanjut dari tokoh tersebut, demikian pula tentang sejarah yang berkaitan dengan kawasan yang sekarang dikenal dengan nama Senayan itu.

Related posts