Destinasi Tempat Wisata Malam di Jakarta

Destinasi Tempat Wisata Malam di Jakarta

Fkossmpkotajakarta.web.id – Kota Jakarta sebagai Ibukota Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak sekali tempat wisata terkenal yang bisa dikunjungi. Selain landmark Jakarta seperti Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta masih memiliki tempat wisata lain yang bisa dikunjungi pada malam hari. Berikut dibawah ini tanpa basa basi lagi langsung saja kita bahas mengenai tempat wisata malam di Jakarta yang harus anda kunjungi :

1. Kota Tua
Keindahan bangunan zaman dulu di Kota Tua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Kota Tua, seperti menyewa sepeda untuk berkeliling di halaman Kota Tua, mencicipi aneka kuliner khas Jakarta yang banyak dijajakan di sini, duduk santai sambil menikmati acara hiburan yang ada, berfoto bersama patung orang dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya. Kota Tua menjadi pilihan paling tepat untuk melepas kepenatan warga Jakarta yang lelah seharian bekerja.

2. Ancol Beach City
Tempat wisata Ancol saat malam hari lebih sering dikunjungi oleh para muda-mudi Jakarta. Aktivitas yang bisa dilakukan pun banyak sekali, seperti duduk santai sambil memandangi keindahan pantai, menonton live music dan menikmati kuliner khas Jakarta. Yang menarik dari Ancol Beach City adalah tempat ini memiliki konsep yang sama dengan Sentosa Island di Singapura.

3. Taman Monas
Monas yang merupakan salah satu landmark-nya Jakarta memang menjadi wisata andalan bagi warga ibukota maupun para pendatang. Tak hanya di siang hari, keramaian di Monas pun berlanjut saat malam hari. Apalagi Monas terlihat sangat cantik saat dikunjungi pada malam hari. Dan taman yang indah juga menjadi tempat paling pas untuk bersantai bersama keluarga.

Baca Juga : Destinasi Wisata Alam Di Jakarta Yang Anda Kunjungi

4. Taman Situ Lembang
Taman Situ Lembang yang merupakan salah satu taman tertua di Jakarta ini juga ramai dikunjungi saat malam hari. Aktivitas yang dilakukan para pengunjung pun biasanya hanya sekadar duduk-duduk santai bersama keluarga sembari melepas penat setelah bekerja sambil menikmati keindahan danau yang ada disini.

5. Jembatan Kota Intan
Dari jembatan ini para pengunjung bisa melihat keindahan tempat wisata Kota Tua. Berkunjung ke Jembatan Kota Intan kamu akan merasakan suasana bersejarah yang sangat kental. Tidak mengherankan jika banyak yang menjadikan jembatan ini sebagai spot foto yang menarik. Benar-benar instagramable banget nih, guys. Dan siapapun yang mengunjungi jembatan ini tidak dipungut biaya apapun lho alias gratis.

Destinasi Wisata Alam Di Jakarta Yang Anda Kunjungi

Destinasi Wisata Alam Di Jakarta Yang Anda Kunjungi

Fkossmpkotajakarta.web.id – Kota Jakarta merupakan ibukota dari Indonesia dan selama ini dikenal sebagai kota metropolitan. Bagaikan hutan beton, Jakarta dipenuhi dengan berbagai bangunan tinggi gedung-gedung perkantoran, hotel, dan apartemen. Penduduk Jakarta pun sangat padat, dan banyaknya kendaraan juga membuat kemacetan di Jakarta sangat parah. Kedengarannya Jakarta merupakan kota yang ruwet dan sangat tidak menyenangkan banget ya? Tapi siapa sangka, ternyata Jakarta masih memiliki tempat wisata alam yang asri dan adem. Penasaran kan? Kebetulan pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa destinasi wisata alam di Jakarta yang harus anda kunjungi :

1. Kawasan Ekowisata Mangrove PIK
Kawasan ini terletak di Jakarta Utara, tepatnya di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di tempat seluas 99 hektar ini, kamu bisa melihat asrinya hutan mangrove. Udaranya sangat sejuk dan suasananya pun begitu tenang, rasanya seolah tidak sedang berada di Jakarta deh.

Di tempat ini kamu bisa menyusuri kawasan mangrove dengan kano, perahu motor, maupun kapal tradisional.

2. Taman Hutan Kota Tebet
Tempat ini juga dikenal sebagai Taman Honda karena pembangunan taman ini merupakan kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan PT. Honda Prospect Motor. Kawasan ini terletak di antara jalan Tebet Barat Raya dan jalan Tebet Timur Raya Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan.

Taman seluas 1.800 meter persegi ini diresmikan pada tahun 2010. Pada awalnya taman ini dibangun pada tahun 1960. Namun sempat terbengkalai tahun 1970 hingga tahun 2006 sehingga dijadikan kawasan pemukiman liar. Sekarang taman ini bisa dikunjungi oleh semua warga Jakarta dan sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti arena bermain untuk anak dan tempat berolahraga.

3. Taman Spathodea
Taman ini adalah taman wisata yang dibuka untuk umum dan terletak di Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Biasanya ramai dikunjungi oleh warga Jakarta di sore hari ataupun pada hari Sabtu dan Minggu.

Di taman ini banyak ditanami berbagai jenis pohon dan bunga-bunga cantik, sehingga adem dan nyaman. Di tengah-tengah taman ada danau buatan kecil yang sering dijadikan spot foto. Taman ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum untuk menambah kenyamanan para pengunjung.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Dijakarta Terfavorit

4. Setu Babakan
Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tempat ini merupakan pusat perkampungan Budaya Betawi. Didirikan pada pada tanggal 18 Agustus 2000, Setu Babakan merupakan danau buatan di kawasan seluas 30 hektar dengan kedalaman 1-5 meter yang airnya berasal dari Sungai Ciliwung.

Taman di sekitar Setu Babakan banyak ditanami berbagai macam pohon buah-buahan. Di tempat ini juga bisa ditemukan banyak kuliner khas Betawi seperti Kerak Telor, Rujak Bebek, Soto Betawi, Bir Pletok, Nasi Uduk, dan lain sebagainya.

Selain sebagai tempat rekreasi, Setu Babakan juga digunakan sebagai tempat penampung resapan air di Jakarta Selatan.

5. Kepulauan Seribu
Kalau keempat destinasi wisata di atas berlokasi di tengah-tengah Jakarta, destinasi wisata yang satu ini agak sedikit jauh dari Jakarta.

Terletak di sebelah utara Jakarta, Kepulauan Seribu sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh warga Jakarta. Di tempat ini para wisatawan bisa bermain-main di pantai, melakukan snorkeling, hingga menjelajahi benteng tua peninggalan Belanda di Pulau Onrust.

Rekomendasi Wisata Kuliner Dijakarta Terfavorit

Rekomendasi Wisata Kuliner Dijakarta Terfavorit

Fkossmpkotajakarta.web.id – Ibu kota Indonesia, Jakarta, menyimpan sejuta “surga” di dalamnya. Jangan cuma kemacetannya yang dilihat, Jakarta punya ragam kuliner yang wajib masuk pemberhentianmu. Setidaknya ada beragam tempat wisata kuliner di Jakarta yang memiliki cita rasa yang menggugah selera yang harus kamu datangi, hampir semua tempatnya legendaris lhoo. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai rekomendasi wisata kuliner terfavorit dijakarta :

1. Mie Ayam Gondangdia
Kuliner Jakarta pertama yang harus kamu kunjungi adalah Mie Ayam Gondangdia. Gak cuma mie ayam, ada menu lainnya yang bisa kamu coba. Harganya kisaran Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Walaupun bukan tempat kekinian, Mie Ayam Gondangdia selalu ramai pengunjung. Tempatnya berlokasi di daerah macet, lebih baik kamu berangkat lebih awal ya!

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12A, Jakarta Pusat.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf
Kalau sedang singgah ke Komplek Taman Ismail Marzuki, kamu bisa coba mampir ke Soto Betawi H. Ma’ruf. Tempatnya legendaris, kamu bisa mencicipi soto Betawi lezat dengan harga sekitar Rp44 ribu.

Gak cuma soto, ada juga menu andalan lainnya, yakni laksa dan sate Betawi. Bukanya pukul 09.00-23.00.

Alamat: Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat.

3. Bakmi Gang Kelinci
Pecinta mie wajib banget cobain Bakmi Gang Kelinci. Cabangnya banyak, total ada 11 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Menunya beragam, tapi yang paling favorit adalah bakmi spesial dengan harga Rp27 ribu. Buka selama pukul 07.00-21.00.

Alamat: Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Jakarta Pusat.

4. Bubur Kwang Tung
Surganya pecinta bubur nih, Bubur Kwng Tung memiliki banyak topping. Jadi favorit banyak orang, bubur ayam di sini dijual dengan harga Rp40 ribu.

Mungkin kamu berpikir harganya terlalu mahal untuk seporsi bubur. Tapi asal kamu tahu, porsinya besar dan isiannya benar-benar banyak. Gak cuma bubur, ada juga nasi goreng dan cah kailan. Gak usah khawatir kehabisan, bukanya 24 jam kok!

Alamat: Jalan Pecenongan Nomor 67, Jakarta Pusat.

5. Bebek Kaleyo
Sesuai namanya, menu andalan di sini bebek gorengnya. Bebek goreng utuh dibanderol dengan harga sekitar Rp50 ribu untuk empat orang. Gak cuma bebek goreng, ada juga olahan bebek lainnya yang gak kalah mantap.

Jam buka setiap cabang berbeda, tapi yang pasti Bebek Kaleyo tutup setiap Minggu. Jangan sampai salah ya!

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya 108, Jakarta Pusat.

6. Roti Bakar Eddy
Kalau mau nongkrong asyik malam-malam, mampir saja ke Roti Bakar Eddy. Bukanya dari jam 06.30-02.30, kamu bisa nongkrong dengan memesan berbagai menu yang gak berat-berat banget.

Semua jenis camilan ada di sini, sampai makanan berat juga. Ada roti bakar, bubur ayam, nasi goreng, pisang bakar, dan sebagainya. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp12 ribuan.

Alamat: Jalan Raden Patah Nomor 11, Jakarta Selatan.

7. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Nasi Goreng Kebon Sirih ini termasuk kuliner legendaris juga. Cabangnya sih banyak, tapi yang paling ramai ada di cabang utamanya, Kebon Sirih, Menteng. Buka pukul 17.00-2.00, seporsinya dibanderol Rp27 ribu.

Alamat: Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I Nomor 09, Kebon Sirih, Menteng.

Baca Juga : Tempat Wisata Terbaru dan Terunik di Jakarta

8. Restoran Trio
Tempatnya sih gak mewah atau kekinian, tapi Restoran Trio selalu ramai. Rasanya enak, tempat ini sudah berdiri dari tahun 1985 lho.

Spesialisasinya adalah Chinese food, rata-rata harganya sekitar Rp50 ribu dengan porsi melimpah. Buka selama pukul 10.00-14.00, lalu istirahat dan buka lagi pada pukul 17.00-21.30.

Alamat: Jalan R.P. Soeroso Nomor 29A, Jakarta Pusat.

9. Nasi Uduk Gondangdia
Selalu ramai, siapa sih yang gak tergiur wanginya nasi uduk di tempat ini. Spesialnya lagi, nasi uduknya dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti tumpeng. Lauk yang bisa kamu pilih beragam, ada ayam goreng, ampela ati, babat, paru, telur, tahu, tempe, pete, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menu andalannya nasi uduk dagingnya. Harganya dibanderol dari Rp20 ribu, tergantung lauknya. Hati-hati nambah porsi!

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12, Jakarta Pusat.

10. Gado-gado Bon-Bin
Buka pukul 10.00-17.00, kamu bisa menikmati sarapan pagi atau makan siang di Gado-gado Bon-Bin. Bisa coba cobain asinan andalannya. Tempatnya sederhana dan tidak terlalu besar, antrean seringkali mengular ketika jam-jam “sibuk” makan.

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 5, Jakarta Pusat.

Tempat Wisata Terbaru dan Terunik di Jakarta

Tempat Wisata Terbaru dan Terunik di Jakarta

Fkossmpkotajakarta.web.id – Jakarta terus berupaya memberikan wajah baru, supaya wisatawan tak akan pernah bosan datang. Pilihan destinasi wisatanya juga banyak yang terbaru, kian beragam dan unik. Nah kalau kamu jenuh dengan banyak destinasi wisata di Jakarta yang itu-itu saja.

Berikut ini akan kami berikan kepada anda beberapa rekomendasi daftar tempat Wisata di Jakarta yang terbaru 2019 yang hits, paling unik dan tentunya kekinian, instagramable banget buat kamu kunjungi. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai tempat wisata terbaru dan terunik di Jakarta yang harus kalian kunjungi :

1. Kali Besar Kota Tua
Kawasan Kota Tua sukses terlihat lebih indah dan kece setelah mengalami revitalisasi. Perubahan paling terasa adalah kondisi Kali Besar yang tampak sangat cantik.

Hasilnya, para wisatawan, sudah bisa mengakses Taman Fatahillah dari jalur Kali Besar. Sejak April lalu, sudah ada pengaturan jalur pintu masuk dan keluar.

Berikut di antaranya:

Alur pintu masuk Taman Fatahillah:
1. Lorong Pecinan, arah dari Jalan Pintu Besar atau Museum Bank Indonesia.
2. Lorong Batavia, arah dari Gedung Jasindo atau parkiran Cengkeh.
3. Lorong Pekojan, arah dari Kali Besar Timur.

Alur pintu keluar Taman Fatahillah:
1. Lorong Fatahillah, arah ke Stasiun Jakarta Kota atau Jalan Lada.
2. Lorong Jayakarta, arah ke Kalibesar atau Bank Mega.
3. Lorong Kota Intan, arah ke Aroma Nusantara atau Jembatan Kota Intan.
4. Lorong Sunda Kelapa, arah ke imigrasi atau Jalan Kunir.

Lokasi: Kota Tua, Jalan Kali Besar Timur Nomor 21, Jakarta Barat
Jam Buka : 24 Jam

2. TeamLab Future Park Jakarta
TeamLab Future Park sedang digandrungi wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tempat yang baru buka Juni lalu ini menawarkan pengalaman galeri seni yang futuristik.

Di dalamnya terdapat museum modern, galeri seni, dan beragam instalasi cantik. Kamu bisa melukis dan memunculkannya dalam bentuk digital. Keren banget, kan?

Seni dengan kualitas internasional ini punya beberapa zona, yakni Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, Light Ball Orchestra, dan Animals of Flowers, Symbiotic Lives.

Kamu akan diberikan waktu selama 90 menit untuk mengeksplorasi semua zona tersebut. Harganya dipatok Rp200 ribu (weekdays) dan Rp250 ribu (weekend).

Lokasi: Gandaria City Lantai 2, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Jam buka: setiap hari (hanya sampai 20 Desember 2019) pukul 10.00-22.00

3. Jembatan penyebrangan orang (JPO)
Selain kawasan Kota Tua, beberapa jembatan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, juga direvitalisasi. Tampilan JPO di Dukuh Atas, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno (GBK), dan Bundaran Senayan jadi tampak Instagramable.

Gak heran kalau akhirnya banyak orang yang sengaja datang ke sini untuk sekadar foto-foto. Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk mengabadikan momen di sini. Suasananya tidak terlalu ramai.

Di samping itu, fasilitas JPO juga semakin nyaman untuk pejalan kaki. JPO tersebut sudah terhubung langsung dengan Bus TransJakarta. Kondisinya bersih dan terawat, ada lift dan CCTV-nya pula.

Lokasi: sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan
Jam buka: 24 jam

4. Terowongan Jalan Kendal
Kehadiran MRT membuat beberapa lokasi di sekitar stasiun dipercantik. Salah satunya terowongan Jalan Kendal yang berada di samping Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat.

Suasana jalanannya tampak artistik dengan adanya cahaya dan lukisan warna-warni. Asyiknya di sini, sudah tidak ada lagi kendaraan yang boleh lewat. Benar-benar steril sebagai area pedestrian.

Lokasi: Jalan Kendal, samping Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat
Jam buka: 24 jam

5. Hutan Kota GBK
Jakarta semakin nyaman dan asri dengan kehadiran Hutan Kota di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan. Luasnya sekitar empat hektare, dulunya tempat ini merupakan lahan lapangan golf driving range.

Sebagai ruang publik untuk berolahraga, terdapat pula beberapa fasilitas penunjang. Misalnya pos keamanan, kolam trembesi, toilet, ruang ganti, amphiteater utama, taman, plaza utama, dan sebagainya.

Sayangnya, untuk saat ini, kamu harus sedikit bersabar mengenai kondisi Hutan Kota di GBK. Sebab, ada renovasi yang ditargetkan rampung pada Desember 2019.

Lokasi: Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam buka: setiap hari, 06.00-22.00

Baca Juga : Wisata Gratis yang Bisa Anda Kunjungi di Jakarta

6. Taman Bunga Matahari
Siapa sangka di antara padatnya bangunan Ibu Kota, Jakarta punya taman bunga yang cantik? Di atas tanah seluas 1,65 meter di Cakung, Jakarta Timur, kamu bisa menemukan ratusan bunga matahari yang mekar cantik.

Dulunya, tempat ini merupakan pembuangan sampah bagi warga sekitar Banjir Kanal Timur (BKT). Kemudian, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umun (PPSU) mulai merombaknya supaya terlihat lebih indah dipandang.

Selain bunga matahari, ada beberapa tanaman lainnya di sini. Misalnya pohon singkong, pepaya, pisang, kenikir, rosela, dan sebagainya. Boleh foto-foto, tapi ingat, jangan sampai merusaknya ya!

Lokasi: Kawasan Banjir Kanal Timur, Cakung, Jakarta Timur
Jam buka: 24 jam

7. Berlayar dengan kapal pinisi De Sartika
Kamu bisa merasakan pengalaman naik kapal pinisi pertama di Jakarta. De Sartika dibawa langsung dari tempat asalnya, Makassar. Kapal buatan Suku Bugis ini terbuat dari kayu ulin dan jati.

Kapasitas De Sartika bisa muat hingga 150 orang. Ada empat area di dalamnya, lantai terbawah digunakan untuk tempat tidur awak kapal. Lantai satu berfungsi sebagai tempat operasional kapal, seperti melepas jangkar, pengoperasian mesin, dan membentangkan layar.

Lantai dua terdiri dari ruang kemudi. Kamu bisa berkunjung ke ruang kapten ini untuk berbincang atau sekadar foto-foto. Bagian teratas di lantai empat menjadi spot paling favorit. Di sana, kamu bisa melihat pemandangan selama perjalanan sambil bersantai.

Bagi kamu yang tertarik naik kapal pinisi, bisa datang terlebih dulu ke dermaga Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara. Kamu akan naik kapal kecil untuk diantar ke De Sartika. Harganya sekitar Rp749 ribu untuk paket sunset point.

Lokasi: Baywalk Mall Pluit, Jalan Pluit Karang Ayu 1, Jakarta Utara
Jam buka: berangkat setiap hari pukul 14.30

Wisata Gratis yang Bisa Anda Kunjungi di Jakarta

Wisata Gratis yang Bisa Anda Kunjungi di Jakarta

Fkossmpkotajakarta.web.id – Kota Jakarta selalu menjadi kota yang paling populer setelah Bali. Enggak heran kalau ada banyak orang asing yang datang ke Jakarta entah untuk bekerja, sekolah, atau mungkin hanya akan berkunjung sebagai turis. Sebagai ibukota, tidak bisa dipungkiri jika biaya hidup di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan kota lain di Indonesia, termasuk dalam urusan tempat wisata jakarta. Tapi Jakarta juga memiliki beberapa tempat wisata yang murah bahkan gratis. Berikut ini langsung saja kita bahas mengenai wisata gratis dijakarta yang harus anda kunjungi :

1. Belajar sejarah di Kota Tua
Batavia atau yang sekarang dikenal sebagai Jakarta, sejak dulu memang sudah menjadi pusat pemerintahan di zaman penjajahan Belanda. Meski saat ini Jakarta sudah sangat maju, tapi kamu masih bisa menemukan sisa peninggalan Belanda.

Terletak di kawasan Jakarta Utara, kompleks Kota Tua, kamu bisa menemukan bangunan dengan arsitektur Belanda. Kebanyakan bangunan di sini adalah museum mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan masih banyak bangunan bersejarah lain yang menarik untuk dikunjungi.

Asiknya, masuk ke kompleks Kota Tua juga gratis dan ada juga beberapa museum yang tidak menerapkan tiket alias gratis.

2. Jalan-jalan di Taman Suropati
Kata siapa Jakarta enggak punya taman asik? Kalau kamu jalan-jalan ke Jakarta dan ingin main ke taman, datang aja ke Taman Suropati yang ada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Di Taman ini kamu bisa merasakan suasana sejuk dan nyaman dikelilingi pohon-pohon rindang dan tanaman hijau.

Ada banyak burung merpati yang juga tinggal di sini. Dan agar tidak bosan, kamu bisa mendengarkan atau bahkan bergabung dengan komunitas musik lokal yang sering berlatih atau menggelar pertunjukannya di sini.

3. Menonton pertunjukan seni jalanan di Kalijodo
Kalijodo dulu mungkin dikenal sebagai sarangnya prostitusi dan perjudian. Tapi, Kalijodo yang sekarang bukanlah Kalijodo yang dulu. Kini Kalijodo merupakan taman kota yang asik untuk dikunjungi.

Tidak ada lagi rumah-rumah liar, yang ada adalah deretan mural, taman bermain ramah anak, sampai skate park yang jadi tempat nongkrong anak muda. Dan karena Taman Kalijodo adalah taman kota, otomatis biaya masuknya juga gratis.

4. Berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia
Kalau kamu adalah penggemar seni terutama lukisan, Galeri Nasional Indonesia bisa jadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Galeri Nasional Indonesia menyimpan 1.700 karya seni termasuk lukisan-lukisan dari pelukis Indonesia yang legendaris seperti Raden Saleh dan Affandi.

Fasilitas di sini juga lengkap mulai dari ruang pameran, perpustakaan, sampai laboratorium pun ada. Tenang, untuk bisa masuk ke sini kamu enggak akan dikenai tiket masuk, kecuali kalau kamu membawa kendaraan maka kamu akan dikenakan biaya parkir.

5. Berkeliling di Masjid Istiqlal
Selain jalan-jalan keliling mall, enggak ada salahnya sesekali kamu berkunjung ke Masjid Istiqlal yang berada di kawasan Jakarta Pusat. Tidak tanggung-tanggung, masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan mampu menampung jemaah sebanyak 200.000 orang.

Kalau kamu sedang ada di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke sini. Bukan hanya untuk ibadah tapi juga berkeliling masjid gratis. Meski begitu ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi, pertama menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Kedua, jaga selalu kebersihan dan pastikan kamu tidak membuat keributan yang dapat mengganggu jamaah masjid yang sedang beribadah.

Baca Juga : Pembahasan Mengenai Kopi Es Tak Kie

6. Olahraga pagi di Car Free Day Jakarta
Jakarta memang sarat akan kemacetan terutama di hari kerja. Tapi beda kisah kalau itu hari minggu pagi. Di Jakarta, setiap hari minggu pagi dari jam 06.00 sampai 10.00 kamu enggak akan menemukan kendaraan apalagi kemacetan.

Sebagai gantinya, jalan raya seperti Jalan Sudirman sampai MH Thamrin justru dipenuhi oleh pejalan kaki atau pengguna sepeda baik mereka yang ingin olahraga atau kulineran pagi-pagi. Kalau kamu sedang berlibur ke Jakarta, enggak ada salahnya untuk bangun subuh di hari minggu dan menghabiskan suasana pagi di Car Free Day Jakarta.

7. Jalan-jalan dan belanja di Little India
Jalan-jalan ke pasar selalu menyenangkan, bahkan jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk berbelanja banyak barang. Di wisata Jakarta terbaru, ada satu pasar yang menarik yaitu Pasar Baru atau dikenal juga dengan sebutan Little India.

Disebut Little India karena di sini mayoritas perdagangan adalah orang India atau mereka yang keturunan India. Di sini kamu bisa menemukan semua hal yang berbau India mulai dari toko yang menjual kain sari, restoran, bahkan minimarket yang khusus menjual bahan untuk membuat makanan khas India.